Logo Bloomberg Technoz

Susul Smelter Freeport, JIIPE Cari Investor Baterai & Panel Surya

Mis Fransiska Dewi
14 September 2023 12:30

Desain pabrik foil tembaga Hailian di Manyar, Gresik, Jawa Timur. (Dok: Sekretariat Presiden)
Desain pabrik foil tembaga Hailian di Manyar, Gresik, Jawa Timur. (Dok: Sekretariat Presiden)

Bloomberg Technoz, Jakarta – Setelah menjadi rumah bagi proyek smelter katoda tembaga PT Freeport Indonesia (PTFI), Java Integrated Industrial and Port Estate (JIIPE), Gresik, Jawa Timur siap membuka peluang bagi para investor untuk industri hilir komponen baterai, solar panel, maupun petrokimia.

Bambang Soetiono, Presiden Direktur PT Berkah Kawasan Manyar Sejahtera (BKMS) –perusahaan pengelola JIIPE– mengatakan, dua bulan lalu Presiden Joko Widodo telah melakukan peletakan batu pertama Hailiang Co. Ltd. untuk proyek penghiliran Freeport.

“[Menyusul proyek tersebut], kami sedang persiapan diri untuk penghiliran industri kimia dan panel surya. Saat ini sudah ada pabrik kaca XYG hingga dimungkinkan untuk masuk ke panel surya,” kata Bambang, Rabu (13/9/2023).

Dia menambahkan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) JIIPE telah memiliki pembangkit melalui kerja sama dengan PT PLN (Persero), sehingga dapat memproduksi listrik hingga 515 megawatt (MW).

Untuk menjamin keamanan investor asing, Bambang mengutarakan, BKMS baru saja melakukan groundbreaking kantor kepolisian resor di wilayah tersebut. Saat ini, total pelanggan industri di kawasan tersebut ada sekitar 60 tenant.