Logo Bloomberg Technoz

CFX: Soal Fee Transaksi Bursa Kripto 0,02% Semua Sudah Setuju

Yunia Rusmalina
13 September 2023 13:20

Bursa kripto Indonesia atau Bursa Komoditi Nusantara (Commodity Future Exchange/CFX). (Dok: perusahaan)
Bursa kripto Indonesia atau Bursa Komoditi Nusantara (Commodity Future Exchange/CFX). (Dok: perusahaan)

Bloomberg Technoz, Jakarta — Subani, Presiden Direktur PT Bursa Komoditi Nusantara atau Commodity Future Exchange (CFX), menegaskan seluruh pihak telah menerima besarnya biaya transaksi perdagangan bursa kripto 0,02%.

“Kita prosesnya tidak langsung, semena-mena langsung keluar angka tersebut. Sebelumnya kita ada proses, dimana kita juga sudah ketemu seluruh calon. Anggota bursa, segala macam, sehingga bisa dilihat dari hasilnya, seluruhnya sepakat biaya tersebut,”  ungkap Subani dalam wawancara bersama Bloomberg Technoz, Rabu (13/9/2023).

Menurut Subani, pihaknya telah bertemu dengan seluruh calon anggota Bursa, yang dulunya adalah pengelola bursa kripto yang beroperasi secara mandiri dengan izin dari Bappebti. 

Subani juga tidak menampik jika terdapat keberatan dengan adanya besaran fee transaksi ini. Namun, ia berpedoman saat perusahaan pengelola bursa kripto telah menyatakan diri bergabung dapat diartikan setuju atas segala bentuk kebijakan —termasuk penetapan fee.

“Memang pasti mereka akan melihat ada yang keberatan [biaya transaksi], ada, [atau] tidak [keberatan], segala macet. Akhirnya ketemu angka yang tadi, yang sudah disepakati oleh semua. Akhirnya mereka setuju,” tambah Subani.