Logo Bloomberg Technoz

Indodax dan Tokocrypto Bicara Berdirinya Bursa Kripto Indonesia

Krizia Putri Kinanti
21 July 2023 10:10

Ilustrasi aset digital kripto. (dok Bloomberg)
Ilustrasi aset digital kripto. (dok Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Indonesia akhirnya memiliki bursa kripto dan jadi bursa kripto yang pertama di dunia yang disponsori pemerintah. Namanya PT Bursa Komoditi Nusantara, para pelaku industri kripto di Indonesia pun menyambut baik.

“Saya menyambut positif kehadiran bursa ini selama kehadirannya tidak memberatkan industri. Sejauh ini kita belum tahu secara pasti apakah ini positif atau negatif. Kita lagi berusaha menjalin komunikasi. Karena saat ini sistem perdagangan kripto tanpa bursa sudah berjalan normal dan efisien. Jangan sampai kehadiran bursa malah membuat pelanggan diberatkan dengan biaya tambahan,” ujar Chief Executive Officer (CEO) Indodax Oscar Darmawan kepada Bloomberg Technoz, Jumat (21/7/2023).

Ia menambahkan bahwa saat ini pelanggan sudah dibebankan pajak kripto yg cukup besar yaitu sebesar 0,21% atau artinya dua kali pajak yg dikenakan pedagang saham. Sehingga bisa dilihat setelah kehadiran pajak final ini industri kripto di Indonesia kalah bersaing dibandingkan industri luar negeri kripto sehingga akhirnya transaksi sebagian besar lari ke luar negeri. 

“Kita lihat saja nanti bagaimana biaya dan ketentuan lainnya dari bursa berjangka ini. Saya berharap kehadiran bursa justru bisa membuat pelanggan diuntungkan dan industri dalam negeri harus bisa bertumbuh jangan malah sebaliknya,” jelasnya.

Ilustrasi Logo Aset Kripto (Sumber: Bloomberg)

Senada dengan Oscar, VP Corporate Communications Tokocrypto Rieka Handayani menyambut baik dan mengapresiasi atas penetapan Bursa, Kliring, dan Pengelola Tempat Penyimpanan Aset Kripto oleh Bappebti. Menurutnya, dengan kelembagaan ekosistem industri aset kripto yang lengkap bisa menyediakan kepastian hukum, transparansi, dan perlindungan bagi para pelaku bisnis serta investor di dalamnya.