Logo Bloomberg Technoz

Turki Tunggu Lampu Hijau Rusia untuk Kirim Bantuan ke Suriah

News
10 February 2023 16:59

Ekskavator membersihkan puing-puing dari bangunan yang runtuh akibat gempa di Hatay, Turki, Rabu (8/2/2023). (Cansu Yildirann/Bloomberg)
Ekskavator membersihkan puing-puing dari bangunan yang runtuh akibat gempa di Hatay, Turki, Rabu (8/2/2023). (Cansu Yildirann/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Turki tengah menunggu lampu hijau dari Rusia untuk menggunakan penyeberangan perbatasan baru guna memberikan bantuan kepada korban gempa di Suriah.

Mengutip Bloomberg News, pejabat yang mengetahui masalah tersebut mengatakan bahwa Turki sedang dalam pembicaraan dengan Rusia untuk mengizinkan aliran pasokan internasional melalui penyeberangan perbatasan Turki, Oncupinar dan Cobanbey di provinsi Kilis.

Dua gempa besar pada pekan ini telah menewaskan lebih dari 22.115 orang di kedua negara dan puluhan ribu orang hilang.

Konvoi pertama bantuan kemanusiaan yang diberikan oleh PBB  baru bisa menyeberang ke Suriah dari pos perbatasan Cilvegozu, Turki pada Kamis (09/02/2023), tetapi pengirimannya relatif kecil jika dibandingkan dengan skala kehancuran di sana.

Rumah sakit yang dijalankan oleh Perhimpunan Medis Amerika Suriah di daerah tersebut hanya memiliki sedikit kapasitas yang tersisa untuk merawat cedera tulang belakang dan patah tulang yang sangat banyak.

Warga tidur di tenda pengungsian korban gempa yang didirikan di lapangan sepak bola di Hatay, Turki, Selasa (7/2/2023). (Cansu Yildirann/Bloomberg)