Logo Bloomberg Technoz

Sekjen PBB Puji Peran RI, Desak Militer Myanmar Setop Kekerasan

Pramesti Regita Cindy
07 September 2023 13:50

Antonio Guterres di Forum ASEAN (Pramesti Regita Cindy/Bloomberg Technoz)
Antonio Guterres di Forum ASEAN (Pramesti Regita Cindy/Bloomberg Technoz)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Sekretaris Jendral Perserikatan Bangsa-Bangsa Antonio Guterres ungkap rasa prihatinnya terhadap situasi di Myanmar. Hal ini disampaikannya dalam KTT ASEAN bersama PBB, di Media Center Jakarta Convention Center (JCC), Kamis pagi (7/9/2023).  

“Saya tetap sangat prihatin terhadap situasi hak asasi kemanusiaan dan politik yang semakin memburuk terjadi di Myanmar termasuk dengan yang terkait pemberitaan mengenai pengungsi yang hidup mengenaskan,” Kata Antonio, Kamis (07/09/2023). 

Antonio mengatakan dirinya menyambut baik pendekatan melalui lima konsesus yang dilakukan kawasan ASEAN soal Myanmar. Adapun lima poin konsensus tersebut antara lain menyerukan penghentian segera kekerasan, dialog di antara pihak-pihak terkait, mediasi oleh utusan khusus ASEAN, pemberian bantuan kemanusiaan, dan kunjungan ke Myanmar oleh utusan khusus untuk bertemu semua pihak terkait.

Antonio turut memuji Indonesia sebagai Ketua ASEAN yang senantiasa terlibat dalam penanganan permasalahan konflik Myanmar. 

“Saya juga sangat menghargai upaya gigih Indonesia dari ketua ASEAN yang melibatkan semua pihak berkonflik dalam melibatkan dialog politik,” jelasnya.