Logo Bloomberg Technoz

Pertamina Ungkap Skema Produksi Blok Masela hingga Mitra Baru

Sultan Ibnu Affan
30 August 2023 20:45

Dirut Pertamina, Nicke Widyawati di DPR (YouTube TV Parlemen)
Dirut Pertamina, Nicke Widyawati di DPR (YouTube TV Parlemen)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Direktur Utama PT Pertamina, Nicke Widyawati memastikan skema kerja produksi di Blok Masela bakal mengakomodasi semua aspirasi yang ada. Salah satunya, produksi LNG di Tanimbar itu akan menggunakan teknologi carbon capture, utilization and storage (CCUS) di area onshore.

Sementara itu, Blok Masela juga akan menggunakan fasiltas penyimpanan terapung (floating storage and regasifiation unit-FSRU). Nicke menyebut skema ini paling cepat dan efektif. Nantinya, akan ada kapal khusus untuk transit dan memindahkan gas yang diekplorasi di lepas pantai (offshore) ke kilang LNG di daratan (onshore)

"Ini yang sampai hari ini, kita meyakini cara yang paling cepat, cara yang paling efisien dan efektif yang bisa mengakomodasi semua aspirasi yang ada," ujar Nicke dalam RDP di Komisi VII DPR, Rabu (30/8).

Nicke menjelaskan tambahan CCUS di Blok Masela sejalan dengan program transisi energi pemerintah. Jadi produknya akan menghasilkan gas ramah lingkungan (blue energy).

"Pemerintah sudah mengeluarkan regulasi baru bulan Februari di mana gas processing harus melakukan CCUS sehingga yang dihasilkan blue energy," tegas Nicke.

mitra baru