Logo Bloomberg Technoz

ESDM Godok Subsidi Pertamax, Bakal Tambah Insentif Konversi Motor

Pramesti Regita Cindy
28 August 2023 13:55

Gelar Konversi Sepeda Motor Listrik (Dok Kemenhub)
Gelar Konversi Sepeda Motor Listrik (Dok Kemenhub)

Bloomberg Technoz, Jakarta – Pemerintah tengah menggodok kemungkinan menambah besaran insentif untuk konversi sepeda motor menjadi sepeda motor listrik dari pagu saat ini senilai Rp7 juta per unit. Tidak hanya itu, kemungkinan memberi subsidi terhadap bahan bakar minyak (BBM) jenis Pertamax pun tengah dikaji.

Sekretaris Jenderal Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Dadan Kusdiana mengatakan besaran ‘subsidi’ tersebut kurang menggairahkan untuk menarik minat konsumen mengonversi sepeda motor listrik.

Saat ini, lanjutnya, pemerintah pun tengah mengkaji opsi untuk menaikkan besaran insentif. Namun, dia belum dapat memerinci berapa kemungkinan kenaikan insentif untuk konversi sepeda motor listrik tersebut.

“Ya, sekarang [insentifnya] Rp7 juta kan, tetapi kami lagi melihat, kok [dengan bantuan] Rp7 juta ini tidak banyak yang mendaftar [konversi sepeda motor listrik]. Apakah ini kurang atau seperti apa? Itu juga salah satu yang akan masuk [pembahasan],” ujarnya seusai penandatanganan MoU produksi hidrogen hijau antara PLN, Pupuk Iskandar Muda, dan August Global Investment pada Senin (28/8/2023).

Saat ini, kata Dadan, pembahasan mengenai penambahan insentif konversi sepeda motor listrik baru dilakukan di tingkat internal Kementerian ESDM.