Logo Bloomberg Technoz

LRT Resmi Beroperasi, Jadi Harapan Solusi Macet dan Polusi Udara

Mis Fransiska Dewi
28 August 2023 09:45

Presiden Jokowi Resmikan LRT Terintegrasi Jabodebek, 28 Agustus 2023. (Tangkapan Layar Youtube Sekretariat Presiden)
Presiden Jokowi Resmikan LRT Terintegrasi Jabodebek, 28 Agustus 2023. (Tangkapan Layar Youtube Sekretariat Presiden)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Operasional Lintas Rel Terpadu atau light rail transit Jakarta Bogor Depok Bekasi (LRT Jabodebek), resmi hari ini, Senin (28/8/2023).  Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan peresmian infrastruktur terbaru Indonesia, dengan didampingi sejumlah menteri seperti Menkeu Sri Mulyani, Menko Merves Luhut B. Pandjaitan, Menteri BUMN, Erick Thohir. Pasca seremoni masyarakat bisa mencoba LRT Jabodebek pada pukul 14:00.

Erick menyatakan  LRT Jabodebek menjadi solusi atas kepadatan lalu lintas masyarakat dari dan ke Jakarta.Harapannya masyarakat juga bisa beralih ke LRT dan mengurangi penggunaan kendaraan pribadi.

“Ini solusi yang luar biasa  karena kepadatan Bogor, Bekasi, Tangerang, Jakarta adalah salah satu yang membantu Jakarta maksimal kepadatannya. Percepatan LRT ini juga membantu apalagi kan polusi tinggi. Ini  hal-hal yang sangat dibutuhkan partisipasi kita semua menggunakan kendaraan umum,” kata Erick di sela-sela acara peresmian.

Diketahui pemerintah telah menetapkan tarif diskon 78% atau Rp5.000 untuk masyarakat yang ingin menggunakan layanan LRT Jabodebek. Tarif promo ini berlaku hinga akhir September 2023.

Usai promo tarif flat, Kemenhub akan memberikan potongan harga, dengan tiket terjauh pada layanan LRT Jabodebek sebesar Rp20.000. Sedangkan tarif terjauh kereta ringan dengan rute Stasiun Harjamukti, Cibubur-Jatimulya, Bekasi sepanjang 33 km yang telah ditetapkan adalah Rp27.400.