Logo Bloomberg Technoz

Nilai Tukar Rubel Jatuh, Putin Mulai Pelototi Ekonomi Rusia

News
23 August 2023 14:00

Presiden Russia Vladimir Putin
Presiden Russia Vladimir Putin

Bloomberg News

Bloomberg, Presiden Rusia Vladimir Putin menuntut para bawahannya dan bank sentral mengendalikan arus modal keluar dari Rusia dan mengurangi volatilitas di pasar keuangan. Ia juga mengingatkan akan adanya ancaman dari kenaikan harga-harga menyusul merosotnya nilai tukar mata uang rubel.

Instruksi ini disampaikan Putin pada sebuah pertemuan dengan para pejabat pemerintah pada Selasa (22/8/2023) yang disiarkan di televisi.

“Pemerintah dan Bank Sentral Rusia perlu bekerja untuk membatasi permintaan yang tidak produktif dan spekulatif dalam perekonomian, mengendalikan arus keluar modal, dan memantau perilaku pelaku pasar keuangan lainnya,” ungkap Putin. “Tugas utama adalah memantau inflasi, dan para pejabat harus secara aktif menggunakan alat yang mereka miliki.”

Pelemahan nilai tukar rubel

Awal pekan lalu nilai tukar rubel tembus 100 per dolar, ini menjadikannya berkinerja terburuk ketiga tahun ini di antara mata uang negara-negara berkembang lainnya. Hal ini memaksa bank sentral mengadakan rapat dadakan dan menaikkan suku bunga acuan sebesar 3,5 poin persentase dari 8,5% menjadi 12%.