Logo Bloomberg Technoz

Kemenkes Sebut Tren Jumlah Covid-19 Eris RI Tak Naik Signifikan

Ezra Sihite
23 August 2023 12:30

Tenaga kesehatan bersiap melakukan tes Covid-19 di layanan tes Covid-19 di Jakarta, Senin (8/4/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)
Tenaga kesehatan bersiap melakukan tes Covid-19 di layanan tes Covid-19 di Jakarta, Senin (8/4/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Varian baru Covid-19 yakni EG.5.1 atau Eris kini sudah menyebar di 6 provinsi. Diketahui varian baru ini sesuai dengan data Surveilans dan Kekarantinaan Kesehatan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menunjukkan sudah mendominasi kasus positif di Indonesia Juli-Agustus 2023. 

Pada data tersebut, persentase kasus positif varian Eris mencapai lebih dari 20%. Varian virus tersebut juga sudah menyebar di Provinsi Sumatera Utara, Kalimantan Selatan, Jawa Barat, Jawa Timur, Bali dan DKI Jakarta. 

Ketua DPR Puan Maharani kemudian sudah menyampaikan agar masyarakat waspada dengan varian baru tersebut.

Namun Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik Kementerian Kesehatan mengatakan, sejak awal ditemukan di Indonesia, tak terjadi peningkatan yang sigifikan atas varian Eris. Dia mengatakan memang masih ada kasus-kasus aktif subvarian Covid-19 Eris.

"Masih ada tren jumlah kasus dengan subvarian ini. Tapi tidak ada meningkat seperti varian sebelumnya," kata Siti Nadia Tarmizi saat dihubungi pada Selasa malam (22/8/2023).