Logo Bloomberg Technoz

Bos BCA Ungkapkan Alasan Hibah Saham Rp74 M untuk Anaknya

Krizia Putri Kinanti
23 August 2023 08:56

Presiden Direktur PT Bank Central Asia Tbk, Jahja Setiaatmadja (Dok. BCA)
Presiden Direktur PT Bank Central Asia Tbk, Jahja Setiaatmadja (Dok. BCA)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Warisan menjadi alasan Presiden Direktur PT Bank Central Asia Tbk (BCA) Jahja Setiaatmadja menghibahkan saham kepada dua anaknya. Nilai saham dengan kode BBCA yang dihibahkan itu mencapai Rp74 miliar.

Hibah, kata Jahja, adalah hal yang biasa dilakukan orang tua kepada anak. Ini merupakan salah satu cara untuk mewariskan aset.

“Hibah itu sama seperti waris ya, jadi orang tua mewariskan assetnya ke anak adalah hal biasa. Saya hibah saham ke anak jadi anaknya nanti yang ikut nikmati dividen dan nanti kalau ada capital gain dimasa datang untuk jangka panjang,” katanya kepada Bloomberg Technoz belum lama ini.

Jahja menjelaskan, bahwa aksi yang dilakukan adalah menghibahkan kepemilikan sahamnya menjadi atas nama kedua anaknya, sehingga tidak terjadi penjualan saham. "Saya hibahkan saham BBCA ke atas nama anak saya, bukan jual saham yang hasilnya dihibahkan ya," jelasnya.

Dalam keterbukaan informasi yang disampaikan ke Bursa Efek Indonesia (BEI) Jumat (18/8), Jahja diketahui menghibahkan 4 juta lembar saham BBCA dengan harga Rp 9.250 per lembar atau setara Rp37 miliar kepada anaknya yang bernama Elizabeth Ariestia MS.