Logo Bloomberg Technoz

Jokowi ke Kenya, Investasi Energi dengan PGE Disepakati

Ezra Sihite
22 August 2023 10:25

Presiden Jokowi dan Presiden Kenya, William Ruto (Dok Kemlu RI)
Presiden Jokowi dan Presiden Kenya, William Ruto (Dok Kemlu RI)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan kerja ke empat negara Afrika. Negara pertama yang dikunjungi adalah Kenya. Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi mengatakan bahwa Kenya merupakan mitra penting dan terbesar ke-5 Indonesia di sub-Sahara. Sementara Indonesia adalah mitra dagang terbesar kedua untuk Kenya di Asia Tenggara. Dalam kunjungannya, Presiden Jokowi melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Kenya William Ruto.

Selain itu negara tersebut memiliki kedekatan historis sebagai sesama anggota Gerakan Non-Blok yang mewarisi Bandung Spirit.

Perdagangan bilateral kedua negara naik rata-rata 17% per tahun selama 5 tahun terakhir, dan tahun lalu mencapai lebih dari US$500 juta.

"Untuk lebih meningkatkan perdagangan kedua negara, Presiden mendorong dibentuknya PTA (Preferential Trade Agreement) dengan Kenya. PTA ini sangat penting untuk mengurangi hambatan-hambatan perdagangan sehingga perdagangan kedua negara dapat lebih diperkuat," kata Menlu Retno Marsudi sebagaimana keterangan pers yang dikirimkan Kemlu RI pada Senin malam (21/8/2023)

Selain soal peningkatan perdagangan bilateral, RI dan Kenya juga membicarakan kerja sama investasi.