Logo Bloomberg Technoz

Didukung Golkar-PAN, Prabowo Tegaskan Jokowi Tak Dikte Parpol

Pramesti Regita Cindy
13 August 2023 12:42

Presiden Jokowi, Menhan Prabowo, dan Menteri BUMN Erick Thohir saat di pabrik Pindad (Dok. Kementerian BUMN)
Presiden Jokowi, Menhan Prabowo, dan Menteri BUMN Erick Thohir saat di pabrik Pindad (Dok. Kementerian BUMN)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto mengatakan tidak ada campur tangan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di balik deklarasi dukungan Golkar dan Partai Amanat Nasional (PAN) untuk dirinya sebagai bakal calon presiden 2024.

"Pak Jokowi orangnya sangat demokratis, beliau sangat menghormati independensi dan hak setiap parpol, saya kira itu yang harus saya tegaskan," kata Prabowo usai deklarasi dukungan kedua partai itu di Museum Naskah Proklamasi, Jakarta Pusat, Minggu (13/8).

Prabowo menegaskan Jokowi tak akan pernah mendikte soal sikap tiap parpol di koalisi pemerintahan.

"Jadi apapun keputusan partai mana pun beliau pasti restui. Apapun keputusan partai, pengalaman saya dan keyakinan saya, saya rasa semua ketua umum, beliau tidak akan melarang, tidak akan mendikte. Itu kenyataannya demikian," ujarnya.

Deklarasi dukungan Golkar dan PAN untuk Prabowo Subianto sebagai capres 2024 (Dok. Tim Media Prabowo)

Prabowo memberi contoh soal Partai Perindo yang mulanya mendatangi pihaknya namun kemudian mendeklarasikan dukungan kepada bacapres PDIP Ganjar Pranowo. Dia memandang berubahnya sikap partai yang diketuai bos MNC Group Hary Tanoesoedibjo itu adalah bukti Jokowi tak pernah turut campur dengan urusan partai politik.

Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto menerima kunjungan dari Ketua Umum Partai Perindo Hary Tanoesoedibjo. (Dok. Tim Media Prabowo Subianto)