Logo Bloomberg Technoz

Menkes Dorong Deteksi Kanker Dini, Perkecil Risiko Kematian

Fransisco Rosarians Enga Geken
06 February 2023 10:23

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin (YouTube Sekretariat Presiden)
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin (YouTube Sekretariat Presiden)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Pemerintah meminta masyarakat mendeteksi dini potensi adanya kanker pada tubuh. Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menilai, deteksi dini terbukti memberikan peluang kesembuhan lebih tinggi. Berdasarkan data lembaganya, 80-90 persen% pasien kanker bisa sembuh saat penanganan atau pengobatan dimulai pada stadium awal.

"Jangan takut mamografi kanker. Yuk, deteksi dini kolonoskopi. Yuk, tes HPV DNA. Toh bisa dilakukan sendiri," kata Budi seperti sebagaimana dikutip dari rilis Kementerian Kesehatan, Senin (6/2/2023).

Saat ini kata dia, pemerintah juga telah menyediakan dan menyebarkan alat pemeriksaan serta kesehatan kasus kanker di 514 kabupaten dan kota. Pemerintah juga rutin memberikan beasiswa kepada calon dokter umum dan dokter spesialis kanker.

Ketua Perhimpunan Dokter Spesialis Onkologi Radiasi Indonesia (PORI) Soehartati Gondhowiardjo mengatakan, masyarakat butuh sosialisasi dan edukasi pentingnya deteksi dini pada kasus kanker. Pengobatan kanker tak hanya persoalan medis atau rumah sakit. Penyembuhan penyakit tersebut juga tergantung kesadaran pasien dan orang di sekitarnya untuk segera mengobati pada fase-fase awal.

"Semua harus ikut bekerja. Yuk lakukan dekteksi dini sesuai anjuran pemerintah," ujar dia.