Logo Bloomberg Technoz

AS Murka, Keputusan Fitch Turunkan Rating Disebut Tak Berdasar

News
02 August 2023 07:45

Janet Yellen, Menteri Keuangan AS (Sumber: Bloomberg)
Janet Yellen, Menteri Keuangan AS (Sumber: Bloomberg)

Christopher Condon, Jennifer Jacobs, dan Erik Wasson - Bloomberg News

Bloomberg, Pemerintah Amerika Serikat (AS) keberatan dengan keputusan Fitch Ratings yang menurunkan peringkat utang negara tersebut pada Selasa (01/08/2023).

Keputusan Fitch itu muncul dua bulan setelah kebuntuan politik yang sengit untuk menaikkan batas utang AS. Para pejabat negara tersebut pada Selasa malam bersikeras bahwa praktik tata kelola fiskal negara itu kuat. Mereka mengatakan bahwa mereka tidak berhasil membujuk Fitch tentang penurunan peringkat menjelang pengumuman itu.

"Keputusan Fitch tidak mengubah apa yang sudah diketahui warga AS, investor, dan orang di seluruh dunia: bahwa Treasury [obligasi] tetap menjadi aset yang aman dan likuid di dunia, dan bahwa ekonomi AS secara fundamental kuat," kata Menteri Keuangan Janet Yellen dalam sebuah pernyataan.

Pejabat pemerintahan lainnya pun murka dengan keputusan tersebut, menyebutnya tidak berdasar dan bertentangan dengan akal sehat. Mereka mengatakan penurunan peringkat adalah reaksi terhadap perilaku sembrono di bawah Presiden Donald Trump, dan terjadi meskipun ada bukti ekonomi AS terus pulih dengan kuat dari penurunan tajam selama pandemi Covid-19.