Logo Bloomberg Technoz

Fitch Turunkan Rating Utang AS dari AAA ke AA+

News
02 August 2023 06:30

Bendera Amerika Serikat (Sumber: Bloomberg)
Bendera Amerika Serikat (Sumber: Bloomberg)

Benjamin Purvis - Bloomberg News

Bloomberg, Fitch Ratings mencopot peringkat utang tingkat teratas Amerika Serikat (AS). Hal ini mengingatkan kembali langkah yang dibuat lebih dari satu dekade lalu oleh lembaga pemeringkat lainnya, S&P.

Fitch menurunkan peringkat utang AS dari AAA, peringkat yang dipegang negara tersebut di Fitch setidaknya sejak 1994, menurut data yang dikumpulkan oleh Bloomberg.

Langkah tersebut dilakukan setelah gejolak politik yang besar atas utang negara dan kebuntuan berulang kali soalkenaikan batas utang. Meski hambatan yang paling terkini sudah diselesaikan, itu tetap menjadi masalah potensial yang perlu diperhatikan.

“Penurunan peringkat AS mencerminkan penurunan fiskal yang diperkirakan selama tiga tahun ke depan, beban utang pemerintah umum yang tinggi dan terus meningkat, dan tergerusnya tata kelola relatif terhadap rekan-rekan berperingkat 'AA' dan 'AAA' selama dua dekade terakhir yang telah bermanifestasi dalam kebuntuan batas utang yang berulang dan penyelesaian di menit-menit terakhir,” kata Fitch dalam sebuah pernyataan.