Logo Bloomberg Technoz

Fitch Turunkan Rating AS, Dolar Anjlok, Imbal Hasil Obligasi Naik

News
02 August 2023 06:53

Ilustrasi Amerika Serikat (AS) (Sumber: Bloomberg)
Ilustrasi Amerika Serikat (AS) (Sumber: Bloomberg)

Brett Miller - Bloomberg News

Bloomberg, Futures obligasi Amerika Serikat (AS) naik sementara dolar dan futures S&P 500 turun setelah Fitch Ratings menurunkan peringkat utang AS menjelang pembukaan pasar Asia, Rabu (02/08/2023).

Yen dan franc Swiss naik, pertanda adanya permintaan untuk tempat berlindung, dengan greenback secara luas turun dari mata uang negara rekan-rekannya di G-10. Penurunan rating oleh Fitch ini terjadi pada waktu yang sangat sensitif untuk pasar suku bunga, dengan Departemen Keuangan AS bersiap untuk meningkatkan penerbitan obligasi bertenor lebih panjang. 

Perdagangan obligasi pemerintah AS akan dimulai pada pukul 9 pagi waktu Tokyo atau 07.00 WIB, bersamaan dengan pembukaan pasar saham di Jepang, Korea Selatan, dan Australia. Futures untuk S&P 500 dan Nasdaq 100 masing-masing turun 0,3% dan 0,4%.

Sentimen memasuki hari Rabu sudah suram, dengan saham futures bursa saham Hong Kong, Jepang dan Australia semua turun. S&P 500 menyelesaikan sesi pada Selasa dengan penurunan kecil karena reli yang mendorong pasar saham naik hampir 30% dari posisi terendah Oktober terhenti. Obligasi jatuh, dengan imbal hasil tenor 30 tahun mencapai level tertinggi sejak November.