Logo Bloomberg Technoz

Para pejabat mengatakan tim Fitch dalam diskusi menjelang pengumuman itu berulang kali mengemukakan kekhawatiran tentang dampak serangan 6 Januari 2021 terhadap Capitol, ketika pendukung Trump mencoba membatalkan hasil pemilu. Trump didakwa pada Selasa atas tuduhan pidana federal terkait serangan itu dan upayanya untuk membatalkan hasil pemilihan.

Langkah Fitch menurunkan peringkat AS dari AAA, peringkat yang dipegangnya dengan penilai kredit setidaknya sejak 1994, kemungkinan akan menyalakan kembali pertempuran fiskal Washington. Dan itu terjadi ketika kampanye presiden AS menjelang pemilu 2024 di mana penanganan ekonomi Biden bakal menjadi pusat perhatian.

Kevin McCarthy dan Joe Biden pada 22 Mei 2023. (Sumber: Yuri Gripas/Abaca/Bloomberg)

“Penurunan peringkat oleh Fitch menunjukkan bahwa kecerobohan dari DPR Partai Republik yang memiliki konsekuensi negatif bagi negara. Partai Republik perlu belajar dari kesalahan mereka dan jangan lagi mendorong negara kita ke jurang gagal bayar.” kata Pemimpin Mayoritas Senat Chuck Schumer.

Sebaliknya, Partai Republik mengatakan penurunan peringkat hanyalah contoh lain dari kesalahan penanganan ekonomi Biden.

Juru bicara kampanye Partai Republik Jack Pandol, di platform media sosial X, yang sebelumnya dikenal sebagai Twitter, mengatakan penyebab penurunan peringkat adalah "Bidenomics".

Biden telah menggunakan istilah Bidenomics untuk menjelaskan agenda ekonominya, menggembar-gemborkan pencapaian pemerintahannya dalam upaya membalikkan hasil survei yang menunjukkan bahwa publik tidak setuju dengan langkah penanganan ekonominya.

(bbn)

No more pages