Logo Bloomberg Technoz

Inggris, Australia & AS Kolaborasi Bangun Kapal Selam Nuklir

News
03 February 2023 12:37

Perdana Menteri (PM) Australia Anthony Albanese dan PM Inggris Rishi Sunak (Sumber: Bloomberg)
Perdana Menteri (PM) Australia Anthony Albanese dan PM Inggris Rishi Sunak (Sumber: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Perdana Menteri (PM) Inggris Rishi Sunak dan PM Australia Anthony Albanese berencana mengungkap proposal proyek kapal selam nuklir Australia di Gedung Putih, Washington DC, Amerika Serikat (AS) pada pertengahan Maret.

Melansir Bloomberg News, menurut sumber yang mengetahui rencana itu, kedua pemimpin negara masih membicarakan rencana tersebut. Presiden AS Joe Biden diharapkan dapat menjadi tuan rumah bagi Inggris dan Australia yang akan mengumumkan desain kapal selam tersebut.

Ketiga negara telah sepakat berbagi kemampuan militer rahasia untuk Australia membangun dan mengerahkan kapal selam bertenaga nuklir di kawasan Pasifik. Proyek tersebut merupakan bagian dari perjanjian AUKUS, yang diluncurkan pada 2021, aliansi trilateral untuk melawan kekuatan militer China di Pasifik.

Kantor PM Inggris mengatakan kemungkinan akan ada kunjungan ke AS, tetapi belum ada tanggal yang ditetapkan dan tidak akan mengkonfirmasi alasan kunjungan tersebut. Adapun kantor PM Australia maupun Gedung Putih tidak menanggapi permintaan komentar.

Max Blain, juru bicara PM Inggris, menolak mengomentari rencana tersebut ketika ditanya wartawan di London pada Kamis (02/02/2023).