Logo Bloomberg Technoz

AS Ajak Batasi Ekspor Chip, China Pepet Jepang dan Belanda

News
03 February 2023 09:32

Ilustrasi Chip (Bloomberg)
Ilustrasi Chip (Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - China mulai mendekati Jepang dan Belanda, dua negara yang dikabarkan bergabung dengan Amerika Serikat (AS) untuk membatasi ekspor teknologi tinggi ke China.

Melansir Bloomberg News, Menteri Luar Negeri China Qin Gang, dalam panggilan telepon dengan MenterI Luar Negeri Jepang Yoshimasa Hayashi pada Kamis (02/02/2023) meminta Tokyo untuk terus menegakkan prinsip pasar dan keterbukaan dalam menjaga hubungan ekonomi, perdagangan dan teknologi antara kedua negara Asia itu

“China berkomitmen untuk menjaga komunikasi tingkat tinggi dan bekerja sama dengan Jepang untuk mempertahankan rantai industri dan pasokan yang stabil,” kata Qin, menurut pernyataan dari Kementerian Luar Negeri China.

Qin menambahkan bahwa ekonomi China dan Jepang saling bergantung. Ia berharap Jepang akan fokus pada perlindungan aturan perdagangan internasional dan kepentingan jangka panjang negaranya sendiri.

“Kedua negara harus mematuhi kebebasan strategis dan bergandengan tangan dalam mengembangkan Asia menjadi bentuk yang lebih baik,” katanya.