Logo Bloomberg Technoz

Cuaca Panas Eropa Sebabkan Kebakaran Hutan, Sampai Hujan Es

News
23 July 2023 09:47

Kebakaran hutan di Yunani. (Sumber: Bloomberg)
Kebakaran hutan di Yunani. (Sumber: Bloomberg)

Paul Tugwell dan Misha Savic - Bloomberg News

Bloomberg, Cuaca panas menyebabkan cuaca ekstrem di seluruh Eropa. Mulai dari kebakaran hutan di Yunani, hingga badai es di Italia dan hujan lebat di Balkan.

Pihak penjaga pantai Yunani mengevakuasi wisatawan dan penduduk lokal dari pantai di daerah Kiotari dan Lardos di bagian timur pulau Rhodes setelah kebakaran terjadi di kawasan yang lebih tinggi pada Sabtu (22/7/2023), dilaporkan Bloomberg News.

Menteri Perkapalan Yunani Miltiadis Varvitsiotis mengatakan dalam sebuah tweet bahwa para penjaga pantai telah mengkoordinasi evakuasi ribuan orang, dan saat ini operasi sedang berlangsung. Sementara juru bicara departemen pemadam kebakaran Yunani mengatakan lebih dari 170 petugas pemadam kebakaran telah dikerahkan dengan menggunakan kendaraan, helikopter, dan pesawat untuk memadamkan api.

Perdana Menteri Yunani Kyriakos Mitsotakis mengunjungi Pusat Koordinasi Nasional untuk Operasi dan Manajemen Krisis pada Sabtu untuk melihat proses koordinasi operasi pemadaman api di Rhodes. Sejauh ini, sekitar 2.500 orang telah dievakuasi via laut.