Logo Bloomberg Technoz

Investor Startup Kini Lebih Suka Danai AI Ketimbang Kripto

News
12 July 2023 10:40

Ilustrasi OpenAI atau teknologiArtificial intelligence (AI)seperti ChatGPT. (Dok Bloomberg)
Ilustrasi OpenAI atau teknologiArtificial intelligence (AI)seperti ChatGPT. (Dok Bloomberg)

Hannah Miller - Bloomberg News

Bloomberg, Para venture capital atau investor startup (VC) Silicon Valley kini berlomba-lomba untuk mendanai perusahaan artificial intelligence atau kecerdasan buatan (AI) ketimbang perusahaan aset digital kripto. Ini merupakan hasil riset dari PitchBook.

Pada kuartal II-2023, investasi VC di startup kripto dan aset digital lebih rendah dibandingkan tahun 2020 di mana ketika itu dana mengalir deras untuk startup kripto. Pada saat yang sama pendanaan untuk AI mengalir deras bahkan lebih besar dari pendanaan startup kripto ketika aset digital paling diminati.

Menurut analis PitchBook, Robert Le, angka-angka ini mencerminkan adanya kecenderungan untuk beralih dari industri aset digital yang dilanda skandal ke kemajuan teknologi terbaru dalam AI.

Investor kini pilih danai startup artificial intelligence atau kecerdasan buatan (AI) ketimbang startup kripto (Bloomberg)

Joe Zhao, managing partner Millennia Capital, mengatakan bahwa dia siap untuk meninggalkan aset digital dan berinvestasi banyak di AI. Zhao dan Millennia pernah mendukung perusahaan-perusahaan kripto seperti Blockstream dan Lumida; sekarang mereka terjun ke kecerdasan buatan. Millennia telah berinvestasi di startup yang diawasi secara ketat termasuk Stability AI.