Logo Bloomberg Technoz

Besar di Kawasan Kumuh Jakarta, Gibran Bangun Startup Rp21,2 T

News
07 July 2023 16:55

CEO eFishery, Gibran Huzaifah. (Dimas Ardian/Bloomberg)
CEO eFishery, Gibran Huzaifah. (Dimas Ardian/Bloomberg)

Yoolim Lee, Bloomberg News - 

Bloomberg, Startup yang bergerak di sektor perikanan, eFishery, yang didirikan oleh anak muda Indonesia yang besar di lingkungan kumuh Jakarta, telah muncul sebagai unicorn langka setelah berhasil meraup pendanaan segar senilai US$ 200 juta atau setara Rp3,02 triliun.

Startup sektor agriteknologi tersebut valuasinya kini mencapai US$ 1,4 miliar, sekitar Rp21,20 triliun setelah mendapatkan suntikan dana segar dalam putaran pendanaan Seri D yang dipimpin oleh 42XFund dari Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, dan mengerek valuasinya dari sebesar US$410 juta pada 2022 lalu, menurut keterangan CEO EFishery Gibran Huzaifah.

Bukan cuma itu, beberapa investor mancanegara seperti Kumpulan Wang Persaraan (BUMN dana pensiun asal Malaysia), lalu ResponsAbility Investment AG dan 500 Global juga terlibat dalam putaran pendanaan startup ini, berbarengan dengan investor yang sudah ada sebelumnya seperti Northstar Group, Temasek Holdings Pte juga SoftBank Group Corp.

Startup eFishery yang menggandeng 70.000 petambak ikan dan udang di Indonesia, menjadi outlier di tengah periode tech winter ketika mayoritas berita utama berisi kabar PHK startup, mundurnya CEO dan valuasi yang mengkerut di sektor teknologi.