Logo Bloomberg Technoz

Ada Keluarga Menteri Nadiem Makarim di Calon Emiten Akseleran

Dityasa Hanin Forddanta
06 July 2023 15:20

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makariem (Dok BPMI Setpres)
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makariem (Dok BPMI Setpres)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Perusahaan peer to peer (P2P) lending, PT Akselerasi Usaha Indonesia (Akseleran) tengah dalam proses initial public offering (IPO). Prosesnya saat ini masih dalam tahap masa penawaran awal atau bookbuilding hingga 18 Juli 2023.

Menjadi menarik, karena ada nama Keluarga Makarim di balik calon emiten yang dijadwalkan melakukan pencatatan perdana saham (listing) di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada 9 Agustus 2023 ini. Bukan sebagai pemegang saham, tapi mereka adalah kreditur bagi Akseleran.

Salah satunya, Atika Makarim. Mengutip prospektus IPO, Kamis (6/7/2023), ibunda Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset & Teknologi (Mendikbudriset) Nadiem Makarim ini menjadi kreditur setelah memberikan pinjaman Rp1 miliar kepada Akseleran. Perjanjian pinjaman berlaku selama satu tahun, mulai 25 Oktober 2022 hingga 30 April 2023.

Nono Anwar Makarim juga diketahui menjadi kreditur Akseleran dengan kucuran pinjaman Rp2,5 miliar. Ia adalah ayahanda Nadiem Makarim.

Tak ketinggalan saudara Nadiem Makarim, Hana Anwar Makrim, yang merupakan kreditur individu terbesar, mencapai Rp13,4 miliar. Pinjaman ini jatuh tempo pada 13 Oktober 2023.