Logo Bloomberg Technoz

Makin Erat, Jepang & Korsel Pulihkan Perjanjian FX Swap

News
29 June 2023 17:40

Bendera Korsel dan Jepang (Sumber: Bloomberg)
Bendera Korsel dan Jepang (Sumber: Bloomberg)

Erica Yokoyama, Emi Urabe & Hooyeon Kim - Bloomberg News

Bloomberg - Jepang dan Korea Selatan sepakat memulihkan perjanjian pertukaran mata uang asing (fx swap) setelah berakhir delapan tahun lalu. Hal ini menambah sinyal bahwa kedua negara meningkatkan hubungan di berbagai bidang termasuk pertahanan, perdagangan, dan keuangan.

Menteri Keuangan Jepang Shunichi Suzuki dan mitranya dari Korea Selatan Choo Kyung-ho mengumumkan kesepakatan pada berbagai topik Kamis (29/6/2023), termasuk investasi infrastruktur dan pajak. Pemulihan kesepakatan pertukaran mata uang adalah hal yang paling menonjol.

Di bawah kesepakatan baru, Jepang dan Korea Selatan akan dapat menukar mata uang lokal mereka hingga US$10 miliar. Hal ini mencerminkan bahwa pada saat krisis terjadi kedua negara akan memiliki akses ke mata uang asing jika diperlukan. Perjanjian tersebut tidak menentukan tanggal kapan kesepakatan akan berakhir.

"Dimulainya kembali pembicaraan menteri keuangan Jepang-Korea Selatan memiliki makna yang besar," kata kepala pejabat mata uang Jepang Masato Kanda kepada wartawan Kamis pagi. “Kita perlu terus memperkuat momentum peningkatan hubungan.”