Logo Bloomberg Technoz

DPR Desak Pemerintah Akuisisi Vale Indonesia

Donald Banjarnahor
14 June 2023 10:10

Pekerja PT Vale Indonesia Tbk. (Dok Vale.com)
Pekerja PT Vale Indonesia Tbk. (Dok Vale.com)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Komisi VII DPR RI mendesak Menteri ESDM Arifin Tasrif untuk mendukung holding BUMN tambang, MIND ID, mengakuisisi sekaligus menjadi pengendali dari PT Vale Indonesia Tbk (INCO).

Hal tersebut merupakan kesimpulan dari Rapat Kerja antara Komisi VII DPR RI dengan Menteri ESDM Selasa (13/6/2023) kemarin.

"Komisi VII DPR RI mendesak Menteri ESDM RI untuk mendukung akuisisi yang dilakukan oleh MIND ID agar sumber daya dan cadangan, serta aset kekayaan PT Vale Indonesia Tbk tercatat dalam konsolidasi buku kekayaan negara Indonesia," kata Wakil Ketua Komisi VII DPR RI Maman Abdurrahman membacakan kesimpulan kedua.

Dalam rapat tersebut semua anggota Komisi VII mengeluarkan pendapat yang sepakat momentum kewajiban divestasi Vale Indonesia harus dimanfaatkan. Dimana aset tambang tersebut bisa kembali ke pemerintah Indonesia. Kewajiban ini sejalan dengan perpanjangan izin kontrak karya Vale Indonesia menjadi Izin Usaha Pertambangan Khusus (IUPK).

Anggota Komisi VII Fraksi Partai Amanat Nasional Nasril Bahar mengatakan, urgensi divestasi Vale Indonesia dan kebutuhan nikel, bisa berkaca dari PT Bukit Asam Tbk (PTBA) sebagai salah satu BUMN batu bara.