Logo Bloomberg Technoz

Luhut Kukuh Ekspor Pasir Laut Untungkan BUMN, Tak Rusak Alam

Sultan Ibnu Affan
30 May 2023 17:20

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan (Al Drago/Bloomberg)
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan (Al Drago/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan berpendapat dibukanya kembali ekspor pasir laut tidak akan membahayakan lingkungan, sebagaimana dikhawatirkan oleh banyak kalangan.

Alih-alih, dia yakin kebijakan yang diatur dalam Peraturan Pemerintah No. 26/2023 tentang Pengelolaan Hasil Sedimentasi di Laut itu akan menguntungkan bagi perusahaan pelat merah di Tanah Air.

Enggak dong [ekspor pasir laut tidak akan merusak lingkungan]. Sekarang karena ada GPS [global positioning system] segala macam, kami pastikan tidak [merusak lingkungan]. Itu tidak akan terjadi. Sekarang kalau misalnya [pasir laut] harus diekspor, pasti jauh manfaatnya untuk BUMN,” ujarnya saat ditemui awak media di Hotel Mulia, Jakarta Pusat, Selasa (30/5/2023).

Luhut menerangkan bahwa, tidak sekadar membuka keran ekspor, pemerintah saat ini tengah fokus memperbaiki dan memperdalam alur laut di beberapa wilayah Tanah Air. Salah satu proyek besar pendalaman alur yang sedang digarap berada di Rempang Galang, Batam, Kepulauan Riau. 

Dengerin, pasir laut itu, kita lagi pendalaman alur. Karena kalau tidak, alur kita akan makin dangkal. Jadi untuk kesehatan laut juga. Sekarang proyek satu besar ini di Rempang. Di sana ada yang mau direklamasi supaya bisa digunakan untuk [kawasan industri]. Ada industri besar untuk solar panel di situ. Jadi gede sekalian nanti di sana,” tuturnya.