Logo Bloomberg Technoz

Pemeringkat Utang China Turunkan Rating Utang AS jadi AA+

News
26 May 2023 11:40

Kevin McCarthy dan Joe Biden pada 22 Mei 2023. (Sumber: Yuri Gripas/Abaca/Bloomberg)
Kevin McCarthy dan Joe Biden pada 22 Mei 2023. (Sumber: Yuri Gripas/Abaca/Bloomberg)

Jacob Gu - Bloomberg News

Bloomberg, Di saat lembaga-lembaga pemeringkat utang utama dunia menahan untuk menurunkan rating Amerika Serikat (AS) di tengah keadaan seputar risiko gagal bayar utang, perusahaan pemeringkat top di China menjadi yang pertama melakukannya.

China Chengxin International Credit Rating Co. (CCXI), perusahaan patungan dengan Moody's Investors Service, menurunkan rating AS satu tingkat menjadi AA+ dari AAA dan menempatkan AS dalam peninjauan untuk penurunan rating lebih lanjut, menurut sebuah pernyataan Kamis (25/05/2023).

"Bahkan jika kesepakatan tercapai, negosiasi alot yang terjadi saat ini akan menimbulkan ketidakpastian pada jalur kebijakan pemerintah AS dan mengurangi kepercayaan ekonomi, yang dapat memicu volatilitas lebih lanjut dalam politik dan ekonomi AS," kata perusahaan tersebut.

Sebaliknya, Fitch Ratings Inc. dan DBRS Morningstar sejauh ini hanya menempatkan rating  AS dalam kemungkinan penurunan peringkat, sementara Moody's mengatakan pembayaran bunga pada pertengahan Juni pada obligasi AS akan sangat penting untuk negara itu mempertahankan rating AAA teratasnya.