Logo Bloomberg Technoz

Luhut Tagih Investasi Produsen Serat Kaca Terbesar Dunia

Rezha Hadyan
24 May 2023 11:50

Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan saat kunjungan ke Jushi, China. (Dok. Instagram)
Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan saat kunjungan ke Jushi, China. (Dok. Instagram)

Bloomberg Technoz, Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan tengah berupaya membujuk produsen serat kaca terbesar di dunia asal China untuk berinvestasi di Tanah Air. Terlebih, Indonesia kaya akan bahan baku pasir silika untuk mendukung industri serat kaca.

Dalam kunjungannya Kota Tong Xiang belum lama ini, Luhut melakukan pendekatan ke Jushi yang merupakan salah satu perusahaan multinasional China sekaligus pembuat serat kaca terbesar di dunia.

Jushi sebelumnya telah mengembangkan jaringan penjualan dan pelayanan global yang mencakup lebih dari 100 negara dan wilayah, serta mendirikan beberapa basis produksi –termasuk di Amerika Serikat dan Mesir– untuk lebih dekat dengan pasar mereka.

Adapun, serat kaca merupakan bahan baku yang digunakan untuk berbagai produk turunan industri seperti komposit, insulasi, serta bahan konstruksi. Material ini bersifat kuat, ringan, dan tahan api sehingga menjadikannya sebagai bahan dasar produk berteknologi tinggi di industri alat berat, rumah tangga, hingga olahraga. 

“Tingginya permintaan pasar global akan fiber glass akhirnya mendorong saya untuk meminta mereka segera membuka pabriknya di Indonesia,” tulis Luhut dalam unggahan Instagramnya, seperti dikutip Rabu (24/5/2023).