Logo Bloomberg Technoz

Menteri-menteri AS Sebut China Akan Untung Jika AS Tahan Anggaran

News
17 May 2023 08:00

Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin (Sumber: Bloomberg)
Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin (Sumber: Bloomberg)

Courtney McBride dan Eric Martin - Bloomberg News

Bloomberg, Kegagalan untuk sepenuhnya mendanai pemerintahan Amerika Serikat (AS) pada tahun depan akan menguntungkan China dengan lumpuhnya kemampuan negara itu bersaing dengan musuh utamanya.

Hal ini disampaikan Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin, Menteri Luar Negeri Antony Blinken, dan Menteri Perdagangan Gina Raimondo kepada Komite Alokasi Senat AS pada Selasa (16/05/2023). Mereka mengatakan bahwa masing-masing departemen mereka akan kurang mampu melawan pengaruh China dan aktivitas yang tidak diinginkan jika tidak ada dana yang cukup.

Austin mengatakan langkah pendanaan sementara untuk tahun fiskal yang dimulai 1 Oktober akan membekukan pengeluaran Departemen Pertahanan AS atau Pentagon pada tahun sebelumnya dan ia tak bisa memulai program baru atau meningkatkan tingkat produksi senjata atau kendaraan.

“Kami tidak akan dapat memberikan kontrak untuk kapal selam kelas Columbia kedua,” kata Austin. “Kami tidak akan dapat memulai produksi kapal selam kelas Virginia. Itu akan menunda kemampuan kita untuk mendapatkan amunisi penting yang kita butuhkan untuk diri kita sendiri dan juga untuk mendukung sekutu dan mitra kita.”