Logo Bloomberg Technoz

Sirkuit Imola Banjir, GP Emilia Romagna Formula 1 Dibatalkan 

News
18 May 2023 19:30

Ilustrasi F-1. (Mark Elias/Bloomberg News)
Ilustrasi F-1. (Mark Elias/Bloomberg News)

Albertina Torsoli -- Bloomberg News

Bloomberg, Formula 1 membatalkan Grand Prix (GP) Emilia Romagna yang dijadwalkan berlangsung di Sirkuit Imola, Italia Utara, akhir pekan ini. Kantor Berita Italia, ANSA menuliskan pernyataan pihak berwenang, wilayah Emilia Romagna mengalami hujan lebat dalam beberapa hari terakhir. Hal ini memicu terjadinya banjir di sebagian besar wilayah dan tanah longsor.

Pembatalan balap mobil di Sirkuit Imola juga berdasarkan keputusan bersama Federasi Automobil Internasional (FIA Formula One World Championship) dan pihak berwenang di Italia; mulai dari menteri, wali kota, hingga aparat setempat. Pengumuman ini sekaligus meminta sekitar 120.000 orang yang diprediksi hendak datang dan menonton Formula 1 di sana untuk membatalkan perjalanan.

Presiden Formula 1, Stefano Domenicali menyebut bencana banjir ini sebagai 'tragedi' bagi Imola dan wilayah Emilia Romagna yang lebih luas. Saat berita ditulis, aparat setempat melaporkan ada delapan orang meninggal dunia dan masih ada beberapa orang yang belum ditemukan akibat banjir tersebut.