Logo Bloomberg Technoz

"Keputusan yang telah diambil adalah keputusan yang tepat untuk semua orang di komunitas lokal dan keluarga F1. Karena kami harus memastikan keselamatan dan tidak menambah beban bagi pihak berwenang saat mereka menghadapi situasi yang sangat mengerikan ini," kata Domenicali.

Banjir di Emilia Rogmana, Italia. (Dok. Bloomberg)

GP Emilia Romagna menjadi balapan kedua yang dibatalkan musim ini. Sebelumnya, GP China yang direncanakan pada April lalu juga dibatalkan karena perkembangan pandemi Covid-19. 

Akan tetapi, berbeda dengan Imola, keputusan menghapus balapan di China sudah dibuat berbulan-bulan sebelumnya. Balapan yang dibatalkan pada menit-menit terakhir berarti ada potensi kerugian biaya yang lebih tinggi. Sebagian besar tim peserta F1 pun dilaporkan sudah berada di lokasi.

Red Bull Racing Ltd, tim yang mendominasi kompetisi Formula 1 tahun ini mengatakan, sebagian stafnya sudah berada di Italia. Beberapa anggota tim sisanya pun sedang terbang menuju Italia ketika keputusan tersebut diumumkan.

"Kami tidak akan tahu biayanya selama beberapa hari, namun ini adalah prioritas terakhir kami saat ini," kata juru bicara Red Bull melalui telepon. "Kami fokus pada keselamatan tim kami dan kami tidak ingin membebani sumber daya untuk pihak berwenang Italia. Pikiran kami tertuju pada orang-orang yang menderita di Italia."

--Dengan asistensi dari Flavia Rotondi.

(bbn)

No more pages