Logo Bloomberg Technoz

Alkitab Bahasa Ibrani Berumur 1.100 Tahun Terjual Rp566 M

News
18 May 2023 11:40

Alkitab berusia 1.100 tahun dalam bahasa Ibrani (tangkapan layar video Bloomberg)
Alkitab berusia 1.100 tahun dalam bahasa Ibrani (tangkapan layar video Bloomberg)

James Tarmy - Bloomberg News

Bloomberg, Sebuah Alkitab berbahasa Ibrani berusia 1.100 tahun terjual dengan harga US$38,1 juta atau setara dengan Rp566,07 miliardi rumah lelang Sotheby's, New York.

Codex Sassoon atau salinan awal alkitab dalam bahasa ibrani, merupakan yang tertua menurut rumah lelang ini, dibeli oleh American Friends of the ANU (Museum of the Jewish People di Tel Aviv), sebagai hadiah permanen untuk museum tersebut. Dana untuk akuisisi ini berasal dari sumbangan Alfred Moses, seorang pengacara dan diplomat, dan keluarga Moses.

Saat dihubungi melalui telepon segera setelah penjualan, Moses mengatakan bahwa dia memutuskan untuk berpartisipasi dalam lelang Codex, dan sekitar tiga minggu yang lalu dia mengajukan penawaran yang tidak dapat dibatalkan sebesar US$32,5 juta, yang berarti dia telah setuju dengan rumah lelang untuk membelinya dengan harga tersebut; jika harganya kemudian melampaui angka tersebut, Moses akan menerima bagian yang telah diatur sebelumnya dari total harga.

Apakah dia pikir dia akan menjadi penawar yang menang? Singkatnya, dia berkata, tidak. "Saya pikir harganya akan jauh lebih tinggi - di atas 40 juta dolar, di bawah 50 juta dolar."

Artikel Terkait