Logo Bloomberg Technoz

Pengangguran Pemuda China Cetak Rekor dan Mungkin Memburuk

News
18 May 2023 09:00

Ilustrasi pemuda China (Sumber: Bloomberg)
Ilustrasi pemuda China (Sumber: Bloomberg)

Bloomberg News

Bloomberg, Rekor tingkat pengangguran generasi muda China yang tinggi bisa jadi memburuk di bulan-bulan mendatang. Hal ini menjadi sebuah alarm bagi para pembuat kebijakan untuk mengambil tindakan.

Data dari Biro Statistik Nasional negara itu menyatakan tingkat pengangguran untuk usia 16 hingga 24 tahun mencapai 20,4% bulan lalu, hampir empat kali lipat tingkat nasional. Tekanan mungkin akan meningkat musim panas ini, di mana sekitar 11,58 juta lulusan akan membanjiri pasar kerja.

Lonjakan pengangguran ini menyoroti bagaimana ekonomi negara itu kesulitan untuk menyerap pekerja baru, bahkan ketika pertumbuhan mereka mulai pulih dari kemerosotan yang disebabkan oleh pandemi dan terjadinya penurunan angkatan kerja secara keseluruhan.

Bruce Pang, kepala ekonom untuk China Raya di Jones Lang LaSalle Inc. mengatakan bahwa pengangguran bagi mereka yang kurang berpendidikan kemungkinan adalah pendorong utama pengangguran di kalangan kaum muda China, “Tekanan dari lulusan perguruan tinggi baru akan meningkat sekitar bulan Juli,” ujarnya.