Logo Bloomberg Technoz

Marak PHK Industri Tekstil, Tapi Angka Pengangguran Turun

Krizia Putri Kinanti
05 May 2023 15:10

Ilustrasi Pabrik Tekstil. (Dimas Ardian/Bloomberg)
Ilustrasi Pabrik Tekstil. (Dimas Ardian/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Badan Pusat Statistik (BPS) merilis angka pengangguran di Indonesia pada Februari 2023. BPS menyebut Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) pada Februari 2023 adalah 5,45%, turun dibandingkan Februari 2022 yang sebesar 5,83% dan menjadi yang terendah sejak Februari 2020.

Penurunan angka TPT tersebut terjadi di tengah maraknya kabar pemutusan hubungan kerja (PHK) yang terjadi di industri tekstil dalam negeri. Deputi Kepala BPS Bidang Neraca dan Analisis Statistik Moh Edy Mahmud mengatakan memang terjadi penurunan penyerapan tenaga kerja di sektor manufaktur akibat lesunya industri tekstil.

"Jadi secara umum penduduk bekerja di sektor industri meningkat tapi penduduk yang bekerja sebagai buruh karyawan di sektor manufaktur mengalami penurunan, terutama di subsektor manufaktur tekstil dan kulit alas kaki," katanya dalam konferensi pers Jumat (5/5/2023).

Kendati industri tekstil mengalami penurunan penyerapan tenaga kerja, Edy menambahkan bahwa penyerapan tenaga kerja mengalami peningkatan di tiga sektor lapangan pekerjaan lain.

Adapun tiga lapangan pekerjaan dengan jumlah tenaga kerja terbanyak itu adalah pertanian, perdagangan, dan industri pengolahan. Dalam satu tahun terakhir, tiga lapangan kerja tersebut dapat menyerap masing-masing sekitar 0,05 juta orang, 0,44 juta, dan 0,16 juta orang.