Logo Bloomberg Technoz

Sejarah Baru Terukir, Indonesia Juara Sepak Bola SEA Games 2023

Ezra Sihite
16 May 2023 22:23

Timnas Indonesia berlaga di SEA Games (Twitter PSSI)
Timnas Indonesia berlaga di SEA Games (Twitter PSSI)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Timnas U-22 Indonesia menjadi juara SEA Games 2023 yang berlangsung di Kamboja. Indonesia mengalahkan Thailand setelah berpesta gol dengan skor 5-2. Final laga sepak bola tersebut berlangsung di Stadion National Olympic Phnom Penh, Kamboja, Selasa (16/5/2023). Indonesia karena itu berhak atas medali emas.

Gol pertama dan kedua Indonesia dicetak pada babak pertama oleh Ramadhan Sananta (menit ke 21 dan 45+3'). Gol ketiga 'Garuda Nusantara' dicetak oleh Irfan Jauhari (91') pada babak pertama extra time. Fajar dan Beckham menyempurnakan kemenangan Indonesia setelah menjaringkan bola ke gawang Thailand (107') dan (120') pada babak kedua perpanjangan waktu.  

Laga final sepak bola SEA Games 2023 (Twitter PSSI)

Gol Thailand dicetak pada babak kedua menit ke-64. Sundulan pemain Thailand Anan yang memanfaatkan umpan sepak pojok berhasil merobek gawang kiper Indonesia Ernando Ari. 

Tim 'Negeri Gajah Putih' berhasil menyamakan kedudukan menjadi 2-2 di detik-detik akhir babak kedua. Burapha merebut bola dari Rio Fahmi dan kemudian mengakumulasikannya menjadi gol pada menit 90+8'.

Beberapa menit sebelum gol itu terjadi, pemain Indonesia dan tim pelatih termasuk Indra Sjafri sempat melakukan selebrasi dini. Mereka sempat masuk ke lapangan karena mendengar peluit pelanggaran, padahal pertandingan belum usai.