Logo Bloomberg Technoz

Menanti Sentuhan Erick Thohir Mengubah Wajah Sepak Bola RI

Ezra Sihite
17 February 2023 07:27

Ketum PSSI Erick Thohir dan Waketum I dan II, Ratu Tisha dan Zainudin Amali (Twitter PSSI)
Ketum PSSI Erick Thohir dan Waketum I dan II, Ratu Tisha dan Zainudin Amali (Twitter PSSI)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kongres Luar Biasa Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) sudah digelar dengan menghasilkan ketua umum dan dua wakil ketua umum yang baru. Selain itu ada pula 12 anggota komite eksekutif (exco) yang terpilih.

Erick Thohir yang merupakan Menteri BUMN dan mantan pemilik klub Inter Milan terpilih sebagai Ketua Umum (Ketum) PSSI periode 2023-2027. Perolehan suaranya cukup mendominasi jika dibandingkan dengan tiga pesaingnya.

Lain lagi hal yang terjadi dalam pemilihan wakil ketua umum (waketum) PSSI. Penghitungan suara diwarnai kericuhan. Ihwalnya tak lain para pemilik suara atau voters merasa nama-nama yang mereka pilih tak keluar dalam penghitungan pertama kalinya. Pada saat perolehan suara pertama itu, suara untuk Zainudin Amali yang paling mendominasi.

Akhirnya pihak FIFA dan AFC yang hadir kemudian mengasistensi penghitungan ulang karena voters mulai berteriak tak terima. Keluarlah dua nama dengan suara terbanyak yakni Ratu Tisha dan Yunus Nusi. Sedianya dua orang akan menjadi waketum I dan II. Namun ibarat drama kembali terjadi, Yunus Nusi malah mundur sehingga Zainudin Amali yang ada dalam urutan ketiga perolehan menjadi waketum.

Adapun yang memiliki hak suara dalam KLB tersebut adalah 86 voters yang terdiri atas 34 asosiasi provinsi (asprov), 18 klub Liga 1, 15 klub Liga 2, 16 klub Liga 3, serta federasi futsal, asosiasi pelatih dan asosiasi sepak bola wanita.

Ketua Umum PSSI Erick Thohir saat berpidato (Twitter PSSI)