Logo Bloomberg Technoz

Patok Target Ganda, Partai Demokrat Incar 15% Kursi DPR

Fransisco Rosarians Enga Geken
14 May 2023 18:30

Partai Demokrat saat mengajukan daftar bakal caleg di KPU. (Tangkapan layar Youtube KPU)
Partai Demokrat saat mengajukan daftar bakal caleg di KPU. (Tangkapan layar Youtube KPU)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Partai Demokrat membidik 84 kursi atau 15% kuota 580 kursi Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) pada Pemilihan Umum atau Pemilu 2024. Angka tersebut sama dengan jumlah daerah pemilihan atau dapil keterwakilan pada parlemen tahun depan.

"Kami punya target 14-15% kursi DPR RI. Itu kalau diterjemahkan, kami ingin memenuhi setiap daerah pemilihan. Jadi 84 [Dapil] itu bisa diisi dari minimal 1 wakil Partai Demokrat," kata Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harymurti Yudhoyono alias AHY di KPU, Minggu (14/5/2023).

Sesuai perhitungan Komisi Pemilihan Umum, 84 dapil tersebut adalah gambaran keterwakilan masyarakat di 38 provinsi di Indonesia. Partai Demokrat pun optimis bisa meloloskan satu kadernya dari tiap dapil yang ditetapkan penyelenggara Pemilu.

Padahal, kiprah Partai Demokrat terus menurun usai Presiden Susilo Bambang Yudhoyono atau SBY turun dari jabatannya, 2014. Berdasarkan catatan Pemilu 2019, partai tersebut hanya bisa meraih 54 kursi atau setara 7,7% kuota kursi DPR. Berarti target pada Pemilu 2024 cukup ambisius karena melonjak dua kali lipat.

"Tentunya kami juga tahu ada sejumlah daerah pemilihan yang potensial bagi Partai Demokrat untuk menambah jumlah kursinya. Mudah-mudahanan tidak berlebihan kami menargetkan 15 persen kursi DPR RI," kata AHY.