Logo Bloomberg Technoz

Waskita Angkat Bicara Dapat Peringkat Obligasi Junk Bond

Yunia Rusmalina
12 May 2023 08:49

Waskita. (Dok. Waskita)
Waskita. (Dok. Waskita)

Bloomberg Technoz, Jakarta - PT Waskita Karya Tbk (WSKT) memberikan respons atas penurunan peringkat obligasi perusahaan menjadi idSD atau junk bonk yang disampaikan PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo). Gagal bayar kupon obligasi yang jatuh tempo 6 Mei 2023 lalu, menjadi pemicu langkah yang diambil oleh Pefindo tersebut. 

“Waskita mengalami penurunan peringkat Pefindo menjadi idSD dari idCCC dikarenakan adanya penundaan pembayaran kewajiban yang kaitannya juga dengan kondisi Waskita yang sedang standstill karena sedang proses restrukturisasi,” kata SVP Corporate Secretary Waskita Karya Ermy Puspa Yunita dalam siaran pers yang disampaikan, Jumat (12/5/2023). 

“Lalu proses restrukturisasi sampai saat ini masih terus berjalan dengan memperbaiki skema yang tentunya dapat dilaksanakan secara optimal dan mengedepankan going concern Perseroan,” lanjutnya. 

Dalam keterangan pers tersebut Ermy menambahkan saat ini penggunaan arus kas Perseroan bersifat restricted sehingga Perseroan perlu mengajukan standstill untuk dapat melakukan preservasi kas dan memperlancar proses peninjauan ulang secara komprehensif Mutual Recognition Agreement (MRA).

Dalam rangka equal treatment kepada Kreditur Perbankan dan Pemegang Obligasi Non Penjaminan serta tunduk pada ketentuan-ketentuan standstill yang telah disetujui Stakeholders maka Perseroan tidak dapat melakukan pembayaran bunga dan/atau pokok atas kewajiban keuangan Perseroan.