Logo Bloomberg Technoz

CEO East Ventures Bicara Biaya Baru Tokopedia Rp3.000

Shinta Dwi Ayu
09 May 2023 14:50

Chairman Tokopedia dan Eks CEO PT Tokopedia, William Tanuwijaya. (Dimas Ardian/Bloomberg)
Chairman Tokopedia dan Eks CEO PT Tokopedia, William Tanuwijaya. (Dimas Ardian/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Willson Cuaca Co-Founder dan Managing Partner East Ventures berpendapat tambahan biaya tambahan yang dibebankan kepada konsumen Tokopedia, salah satu e-commerce asal Indonesia, demi mewujudkan keberlangsungan usaha. East Ventures termasuk investor awal Tokopedia.

Biaya tambahan senilai maksimal Rp3.000 per transaksi bukan jadi tujuan utama perusahaan untuk meraih keuntungan besar. “Apakah itu untuk profit yang lebih besar? Tentu saja bukan, apakah itu untuk menuju company yang sustainable (berkelanjutan)? Tentu saja iya," tutur Willson di Jakarta, Selasa (9/5/2023).

Diketahui mulai awal bulan ini Tokopedia menambahkan biaya jasa aplikasi mulai dari Rp2.000 hingga Rp3.000 per transaksi. Biaya Rp2.000 untuk transaksi maksimal Rp1 juta dan Rp3.000 untuk nilai lebih dari Rp1 juta.

Head of Corporate Affairs Tokopedia Ekhel Chandra Wijaya memberi penjelasan bahwa kebijakan baru ini demi memberi dampak positif secara jangka panjang.

Tokopedia, yang merupakan bagian dari PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) memang telah mencanangkan EBITDA positif pada akhir tahun lalu, dengan beberapa perubahan kebijakan termasuk pengurangan biaya insentif dan pemasaran atas seluruh aktivitas usaha perseroan.