Logo Bloomberg Technoz

Pungutan Rp 3.000 Tokopedia, Asosiasi: Path to Profitability

Whery Enggo Prayogi
05 May 2023 13:10

Paket pengiriman Tokopedia oleh pengemudi Gojek. (Dok Bloomberg)
Paket pengiriman Tokopedia oleh pengemudi Gojek. (Dok Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Platform berbelanja online atau e-commerce saat ini harus fokus pada langkah menciptakan profitabilitas. Pengurangan beban operasional berupa pemotongan cash burn atau biaya insentif pemasaran, jadi salah satu cara.

“Jadi harus profit atau setidaknya ada path to profitability,” kata Eddi Danusaputro Ketua Asosiasi Modal Ventura untuk Startup Indonesia (Amvesindo) di Jakarta, Jumat (5/5/2023).

Lebih lanjut, keputusan menaikkan biaya langganan memang punya risiko di tengah persaingan antara platform belanja online. Pasalnya dapat dengan mudah konsumen membandingkan harga untuk produk sejenis. Dan, ada saya tipe konsumen yang mudah berpaling.

“Kebijakan perusahaan [pemangkasan biaya demi profit] tentu sudah melewati proses pertimbangan yang matang, walaupun bisa jadi ada risiko konsumen beralih karena harga,” jelas Eddi  saat berbincang dengan Bloomberg Technoz.

Demi keberlangsungan usaha, pengelola platform e-commerce tetap harus memberi pelayanan terbaik bagi pelanggan. Sementara pemberian insentif berupa diskon pembelian perdana, ataupun subsidi ongkos kirim, hanya salah satu cara mewujudkan layanan.