Logo Bloomberg Technoz

Polemik debt ceiling Amerika itu hampir menjadi isu rutin yang muncul tiap tahun. Di jagat perpolitikan negeri paman sam, isu batas pagu utang selalu memantik ketegangan politis antara Gedung Putih dengan oposisi di Parlemen atau Kongres AS. 

Khusus tahun ini, isu dan ancaman gagal bayar menjadi lebih buruk karena menambah beban sentimen yang sudah lebih dulu ada di pasar. Amerika sendiri sudah diterpa isu krisis perbankan di AS, kenaikan bunga Federal Reserve, sampai ancaman resesi, seiring mulai melambatnya pertumbuhan lowongan kerja baru di negeri itu.

Seperti yang dilaporkan Bloomberg News, Presiden AS Joe Biden dan anggota DPR dan Senat dijadwalkan berada di Washington pada waktu yang sama hanya selama tujuh hari sebelum 1 Juni 2023.

Hal ini menambah urgensi pertemuan minggu depan yang dijadwalkan oleh Biden pada 9 Mei mendatang, di mana ia mengundang para pemimpin Kongres AS untuk bertemu membahas tentang batasan utang negara tersebut.

Terancam Gagal Bayar, Ini 15 Negara Pemberi Utang AS Terbesar (Infografis/Bloomberg Technoz)

2. Rekrutmen Bersama BUMN Ditunda

Rekrutmen bersama BUMN yang diinisiasi oleh Kementerian Badan Usaha Milik Negera (BUMN) mundur dari Jumat (5/5/2023) menjadi Kamis (11/5/2023). Kementerian beralibi hal ini sebagai langkah memberi kesempatan para peserta menyiapkan diri lebih baik. 

Awalnya, rekrutmen ini dibuka dengan registrasi berlangsung hingga 15 hari. Peserta bisa mendaftarkan diri melalui link tautan untuk beberapa posisi di BUMN yaitu https://fhcibumn.com. 

Sebelumnya, sejumlah calon peserta rekrutmen pun mengeluhkan website registrasi yang tak bisa diakses atau error. 

Usai proses registrasi, seleksi calon pegawai BUMN berlanjut pada seleksi administrasi. Peserta yang lolos akan melanjutkan dengan Tes Kemampuan Dasar (TKD). Komponen TKD adalah 40%, sedangkan akhlak sebesar 60%. 

Seleksi kemudian dilanjutkan dengan Tes Bahasa Inggris. Peserta yang masih lolos akan mengikuti tes selanjutnya yang diselenggarakan perusahaan BUMN yang terdiri dari kompetensi bidang, user interview, Sosmed Analytic and Digital, Mindset dan Medical Chek Up.

Pada rencana awal, Kementerian BUMN akan mengumumkan nama-nama pegawai baru perusahaan plat merah pada 16 Agustus 2023.

3. Penembakan di Kantor MUI

Kepolisian menetapkan Mustofa NR sebagai terduga pelaku penembakan di Kantor Majelis Ulama Indonesia (MUI) di Jalan Proklamasi, Jakarta Pusat. Peristiwa yang terjadi pada pukul 11.00 WIB, Selasa (2/5/2023) tersebut menyebabkan seorang petugas keamanan mengalami luka-luka dan sejumlah fasilitas rusak. 

Kepolisian menangkap dan sempat berupaya membawa terduga pelaku ke fasilitas kesehatan karena diduga mengalami serangan jantung dan komplikasi sejumlah penyakit. Akan tetapi, Mustofa meninggal dunia saat akan mendapat pertolongan medis.

Hingga saat ini, kepolisian masih menelusuri motif dan berbagai jenis tindak pidana yang berkaitan dengan serangan ke kantor MUI.

Penembakan di Kantor Pusat MUI (Dok. Istimewa)

4. Tokopedia Tambah Biaya Aplikasi

Setidaknya, ada dua biaya transaksi yang ditanggung pengguna Tokopedia ketika bertransaksi. Pertama, biaya layanan sebesar Rp 1.000 per transaksi untuk setiap transaksi dengan metode pembayaran virtual account. Aturan ini berlaku sejak tahun lalu.

Kedua, biaya jasa aplikasi untuk setiap transaksi produk fisik dengan nominal Rp 0-Rp 1 juta dikenakan biaya jasa aplikasi Rp2.000, sedangkan transaksi di atas Rp 1 juta dikenakan biaya jasa aplikasi Rp 3.000.

Munculnya tambahan biaya jasa aplikasi saat berbelanja di Tokopedia adalah konsekuensi logis dari komitmen manajemen PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) untuk memangkas segala biaya yang memperpanjang buruknya kinerja keuangan mereka.

Hingga kuartal I-2023 GOTO secara konsolidasi masih menghabiskan dana Rp2,6 triliun untuk insentif dan pemasaran, namun jumlah ini telah berkurang 39% dibandingkan periode yang sama 2022.

Ilustrasi invoice Tokopedia (Dok. Bloomberg Technoz)

5. Penonaktifan NIK pada KTP DKI Jakarta

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) tengah melakukan penyisiran nomor induk kependudukan di wilayahnya. Pemprov berencana melakukan pemuktahiran data dengan menonaktifkan atau menghapus NIK KTP Jakarta bagi warga yang sudah tak lagi tinggal di kawasan Ibu Kota tersebut.

Belakangan memang muncul pesan di grup WhatsApp dan sosial media terkait dengan rencana Pemprov DKI Jakarta yang akan menonaktifkan KTP warga DKI Jakarta yang sudah tidak tinggal di Provinsi DKI Jakarta terhitung sejak Juni 2023

Dalam situs resminya, seperti dikutip Bloomberg Technoz, Rabu (3/5/2023) penonaktifan NIK nantinya melibatkan pengurus RT dan RW  sebagai garda terdepan. Mereka bisa mengusulkan penonaktifan NIK bagi warga yang tidak diketahui keberadaannya atau tidak berdomisili di wilayahnya. 

Dinas Dukcapil DKI mencatat terjadi tren peningkatan jumlah pendatang baru ke Jakarta selama tiga tahun terakhir. Rinciannya, 113.814 orang (2020), 139.740 orang (2021), dan 151.752 orang (2022) Penghuni baru Ibu Kota itu berasal dari beragam latar belakang pendidikan. 

Jumlah pendatang dengan pendidikan terakhir Sekolah Menengah Atas (SMA) ke bawah menyentuh 80 persen, berpenghasilan rendah 40-50% persen, 20% pendatang tinggal di permukiman RW kumuh, kebanyakan wanita, dan 80 persen diantaranya berusia produktif. 

Polisi berkendara di dekat Istana Buckingham jelang penobatan Raja Charles III di London, Inggris, Selasa (25/4/2023). (Chris J. Ratcliffe/Bloomberg)

6. Inagurasi Raja Charles III

Raja Charles III akan dinobatkan dalam prosesi raja di Westminster Abbey pukul 10:20 waktu London, Inggris, Sabtu (6/5/2023). Charles bersama istrinya, Camilla akan melakukan perjalanan dengan kereta kencana Diamond Jubilee State Coach yang ditarik enam kuda Windsor Grey dengan pengawalan Kavaleri Istana Buckingham.

Meski prosesi inagurasi baru akan berlangsung sore ini, berita pemberian mahkota kepada Raja Charles III meramaikan lini masa dan pemberitaan satu pekan terakhir. 

Raja Charles akhirnya naik tahta usai ibunya, Ratu Elisabeth II meninggal dunia 8 September 2022. Dia menjadi keluarga kerajaan dengan usia tertua saat mendapatkan mahkota raja yaitu 74 tahun. Rekor sebelumnya adalah Raja William IV yang naik tahta saat usia 64 tahun.

(frg)

No more pages