Logo Bloomberg Technoz

Mazda Segera Bangun Pabrik Perakitan Standar Jepang di Indonesia

Rezha Hadyan
05 May 2023 15:10

Simbol Mazda Motor Corp.di Tokyo Auto Salon di Chiba, Japan. (Kiyoshi Ota/Bloomberg)
Simbol Mazda Motor Corp.di Tokyo Auto Salon di Chiba, Japan. (Kiyoshi Ota/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta – Agen pemegang merek (APM) Mazda di Indonesia, PT Eurokars Motor Indonesia (EMI), memastikan bahwa Mazda Motor Corporation akan membangun pabrik perakitannya di Indonesia.

Managing Director EMI Ricky Thio menyebut pembangunan pabrik perakitan Mazda di Indonesia sudah akan dilakukan dalam waktu dekat. Mazda Motor Corporation sudah memberikan lampu hijau dan meninjau lokasi yang akan dipilih untuk pembangunan pabrik tersebut.

"Sesuai pembicaraan dengan Mazda Motor Corporation, mereka dalam waktu dekat telah siap. Mereka sudah dalam tahap bolak-balik untuk survei tempat," katanya ketika ditemui Bloomberg Technoz di Astha Residence, Jakarta Selatan, Rabu (5/5/2023). 

Sayangnya, Ricky belum bisa mengungkapkan di mana lokasi pembangunan pabrik perakitan Mazda di Tanah Air. Demikian halnya dengan peralatan yang akan digunakan di pabrik tersebut, apakah akan didatangkan langsung dari Jepang atau negara lainnya.

"Saya belum bisa ngomong tempatnya di mana. Belum bisa ngomong [peralatannya] diimpor dari mana, tetapi yang pasti kita lagi persiapkan semuanya," tuturnya.

Pekerja merakit kendaraan Mazda Motor Corp. MX-30 EV di jalur produksi di pabrik Ujina milik perusahaan di Kota Fuchu, Jepang. (Kiyoshi Ota/Bloomberg)