Logo Bloomberg Technoz

RI dan Korea Selatan Teken Kerjasama Penggunaan Mata Uang Lokal

Krizia Putri Kinanti
02 May 2023 10:50

Penandatanganan MoU antara BI dan BoK (Sumber: BI)
Penandatanganan MoU antara BI dan BoK (Sumber: BI)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Bank Indonesia (BI) dan Bank of Korea (BoK) menyepakati kerja sama untuk mendorong penggunaan mata uang lokal masing-masing negara dalam transaksi bilateral antara Indonesia dan Korea Selatan. 

BI mengumumkan pada Selasa (2/5/2023) bahwa kesepakatan tersebut dituangkan melalui penandatanganan Nota Kesepahaman oleh Gubernur BI Perry Warjiyo dan Gubernur BoK Rhee Chang Yong, pada hari itu di sela-sela Pertemuan Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral ASEAN+3 di Korea Selatan. 

Kesepakatan ini akan mendorong penggunaan mata uang lokal masing-masing negara dalam transaksi bilateral antara Indonesia dan Korea Selatan, seperti transaksi berjalan (current account transaction), investasi langsung, dan transaksi ekonomi dan keuangan lainnya yang akan disepakati kedua otoritas. 

Kesepakatan ini dapat digunakan oleh pelaku usaha dapat untuk mengurangi biaya transaksi dan eksposur terhadap risiko nilai tukar dalam melakukan transaksi bilateral kedua negara, antara lain melalui penggunaan kuotasi nilai tukar secara langsung antara mata uang Won dan Rupiah dalam perdagangan antarbank.

Adapun BI menyatakan kerja sama ini akan terus diperkuat melalui saling tukar informasi dan diskusi secara berkala antara otoritas Indonesia dan Korea Selatan.