Logo Bloomberg Technoz

BI Sebut Penyaluran Kredit Perbankan Tumbuh Positif

Hidayat Setiaji
26 April 2023 10:20

Ilustrasi rupiah. (Dimas Ardian/Bloomberg)
Ilustrasi rupiah. (Dimas Ardian/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Penyaluran kredit perbankan di Indonesia berjalan lancar pada kuartal I-2023. Kuartal berikutnya, penyaluran kredit diperkirakan tumbuh lebih tinggi lagi.

Hasil Survei Perbankan Bank Indonesia (BI) mengindikasikan penyaluran kredit baru pada kuartal I-2023 tumbuh positif dengan nilai Saldo Bersih Tertimbang (SBT) kredit baru sebesar 63,7%. Pertumbuhan tersebut terjadi pada seluruh jenis kredit. 

Pada kuartal II-2023, penyaluran kredit baru diperkirakan tumbuh lebih tinggi. Hal ini terindikasi dari SBT prakiraan penyaluran kredit baru sebesar 99,7%.

"Standar penyaluran kredit pada triwulan II 2023 diprakirakan sedikit lebih ketat dibandingkan periode sebelumnya. Hal ini terindikasi dari Indeks Lending Standard (ILS) positif sebesar 0,1%. Kebijakan penyaluran kredit diprakirakan lebih ketat, antara lain pada aspek suku bunga kredit, premi kredit berisiko, dan persyaratan administrasi," sebut laporan BI yang dirilis Rabu (26/4/2023).

Hasil survei menunjukkan responden tetap optimistis terhadap pertumbuhan kredit ke depan. Responden memperkirakan pertumbuhan kredit untuk keseluruhan 2023 sebesar 10,4% (yoy), tumbuh positif meski tidak setinggi realisasi pertumbuhan kredit pada 2022 sebesar 11,4% (yoy).