Logo Bloomberg Technoz

AS Batalkan Dana Rp 1,46 Triliun untuk Kilang Pertamina, Ada Apa?

News
27 April 2023 13:50

Kilang Pertamina Dumai. (Dok. Pertamina)
Kilang Pertamina Dumai. (Dok. Pertamina)

Jennifer A. Dlouhy - Bloomberg News

Bloomberg, Bank Ekspor-Impor (Eksim) Amerika Serikat (AS) batal menyalurkan pinjaman US$99,7 juta atau setara Rp 1,46 triliun (asumsi Rp 14.600/US$) bagi perluasan kilang minyak di Indonesia, setelah mempertimbangkan bahwa aksi tersebut berseberangan dengan misi Presiden Joe Biden untuk berhenti mengucurkan dolar publik ke proyek bahan bakar fosil asing.

Para direktur Bank Eksim AS telah dijadwalkan untuk memberikan suara pada Kamis terhadap rencana tersebut. Adapun, pinjaman terhadap Indonesia itu sejatinya diharapkan membantu meningkatkan produksi bensin sebanyak 101.000 barel per hari di kilang minyak PT Kilang Pertamina Balikpapan.

Akan tetapi, usulan pembiayaan tersebut ditarik dari agenda pertemuan dewan Bank Eksim AS pada Rabu menyusul protes dari aktivis lingkungan, yang menyatakan pinjaman itu akan menjadi pengkhianatan terhadap komitmen Biden untuk memerangi perubahan iklim.

Tangki penyimpanan bahan bakar di fasilitas PT Pertamina di Pelabuhan Tanjung Priok di Jakarta, Indonesia.(Dimas Ardian/Bloomberg)

"Sebagai respons terhadap pertanyaan pemangku kepentingan baru-baru ini, proyek [pinjaman] tersebut telah dihapus dari agenda. Ini akan diadakan untuk tindakan dewan lebih lanjut sampai Bank Eksim dapat melakukan percakapan tambahan yang penting ini,”  kata juru bicara Bank Ekspor-Impor AS Sean Bartlett.