Logo Bloomberg Technoz

Waspada QRIS Palsu, BI Imbau Masyarakat Cek Nama Sebelum Transfer

Krizia Putri Kinanti
12 April 2023 19:25

Ilustrasi transaksi digital (Dimas Ardian/Bloomberg)
Ilustrasi transaksi digital (Dimas Ardian/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Bank Indonesia (BI) mengimbau masyarakat untuk melakukan pengecekan nama QRIS sebelum melakukan transaksi guna mencegah terjadinya penyalahgunaan QRIS seperti halnya terjadi di sejumlah masjid di Jakarta.

Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI, Erwin Haryono, mengatakan kewaspadaan ini juga tak hanya berlaku bagi masyarakat. Melainkan juga kepada Penyelenggara Jasa Pembayaran (PJP) dan pedagang/merchant dalam hal ini termasuk tempat ibadah untuk bersama-sama meningkatkan keamanan dalam bertransaksi menggunakan QRIS.

"Dalam melakukan transaksi menggunakan QRIS, masyarakat diimbau untuk selalu memperhatikan informasi di dalam aplikasi pada saat memindai QRIS, antara lain memastikan nama pedagang/merchant yang tercantum," kata Erwin dikutip Rabu (12/3/2023).

Erwin juga meminta kepada masyarakat untuk tidak melakukan transaksi apabila menemukan kejanggalan atau informasi yang tidak sesuai dengan profil pedagang/merchant yang menerima pembayaran atau informasi transaksi yang tidak sesuai dengan tujuan pembayaran.

BI mengimbau kepada masyarakat untuk lebih berhati-hati dan lebih teliti saat melakukan transfer donasi atau pembayaran menggunakan QRIS. Terutama untuk melakukan verifikasi terlebih dahulu sebelum mengirim, mulai dari memastikan jumlah uang yang akan disumbang dan siapa penerimanya.