Logo Bloomberg Technoz

Ia mengaku sebagai nasabah PT Axa Mandiri Financial Services (Axa Mandiri) sejak 2017 sampai 2022, bersama suaminya Arba Alfarisi. Arbi mengaku tidak mendapatkan penjelasan dari customer service Bank Mandiri tentang unit link ketika pertama kali memutuskan membeli. Padahal, asuransi bukanlah produk tabungan. Asuransi adalah produk jasa keuangan yang menawarkan jasa proteksi terhadap risiko-risiko finansial yang mungkin terjadi. Baca lengkapnya di sini.

2. Sederet PR Menpora Dito Ariotedjo: Prestasi dan Industri Olahraga

Dito Ariotedjo, politikus Partai Golkar akan menjadi Menteri Pemuda dan Olahraga. (Dok Bloomberg Technoz)

Indonesia punya Menpora baru menggantikan Zainudin Amali. Adalah Bimo Nandito Ariotedjo atau Dito Ariotedjo yang mendapatkan kepercayaan Presiden Joko Widodo (Jokowi) membidangkan keolahragaan dan kepemudaan. Dito sekaligus sebagai menpora termuda sepanjang sejarah kabinet pemerintahan Indonesia. Dito adalah kader Partai Golkar. Dia merupakan ketua umum salah satu sayap partai itu Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI) periode 2017-2022 dan terakhir statusnya juga sebagai tim ahli Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto.

Sebelumnya Dito juga menduduki jabatan chairman Rans Nusantara FC, salah satu klub sepak bola di Liga 1. Selain itu dia juga memegang klub Bola Basket Rans PIK Basketball yang berkiprah di Indonesia Basketball League (IBL). Namun demikian Dito sudah menyatakan mundur dari jabatan itu setelah dia terpilih menjadi anggota Kabinet Indonesia Maju 2019-2024.  Baca lengkapnya di sini. 

3. KPK Beberkan Modus Rafael Alun Tampung Gratifikasi

Ketua KPK, Firli Bahuri. (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengenakan rompi tersangka berwarna oranye kepada mantan Kepala Bagian Umum Kantor Direktorat Jenderal Pajak Kantor Wilayah Jakarta Selatan, Rafael Alun. KPK akan menahan mantan aparatur sipil negara (ASN) eselon III tersebut hingga 22 April 2023.

Ketua KPK, Firli Bahuri mengatakan, menerima gratifikasi untuk mengkondisikan temuan masalah pajak dari sejumlah Wajib Pajak saat  menjadi Kepala Bidang Pemeriksaan Penyidikan dan Penagihan Pajak di Direktorat Jenderal Pajak Kantor Wilayah Jawa Timur I.

Salah satu modusnya, kata Firli, Rafael membangun sebuah perusahaan konsultan pajak bernama PT AME. Dia secara aktif menawarkan jasa PT AME kepada wajib pajak yang mengalami masalah pembukuan pajak. Baca lengkapnya di sini.

4. Akhirnya Mencetak Laba Bersih Rp 55 T, Saham GIAA Melambung

Pesawat Garuda Indonesia (Dimas Ardian/Bloomberg)

Sepanjang 2022, PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk (GIAA) membukukan laba bersih sebesar US$ 3,73 miliar atau setara Rp 55,9 triliun. GIAA mampu meraih laba bersih US$ 3,73 miliar, setelah sebelumnya mengalami kerugian sebesar US$ 4,15 miliar. Hal tersebut didorong oleh kenaikan sejumlah pendapatan perusahaan yang meningkat 57,18% menjadi US$ 2,1 miliar per Desember 2022.

Meski mencatat laba dan terjadi kenaikan atas harga saham sesaat, Garuda Indonesia dinilai analis bukan menjadi pilihan investor. Pasalnya, laba yang dibukukan GIAA tidak sepenuhnya berasal dari operasional. Kondisi ekuitas perseroan juga masih minus.

Kepala Informasi Investasi PT Mirae Asset Sekuritas, Roger MM, ekuitas yang diatribusikan pada pemilik entitas induk masih minus meskipun terjadi penurunan dari US$ 6 miliar ke US$ 1,5 miliar. Ia menambahkan laporan keuangan GIAA juga ditunjang oleh kenaikan signifikan atas pendapatan dan beban yang mulai berkurang. Hal ini memunculkan pos pendapatan dari restrukturisasi utang dan keuntungan dari restrukturisasi pembayaran yang cukup besar. Baca lengkapnya di sini.

5. U-20 Gagal Digelar RI, Potensi Duit Rp 6,08 Triliun Melayang

Anggota tim U-20 Indonesia menggunakan pita hitam usai Piala Dunia U-20 dibatalkan di RI (Twitter PSSI)

Pusat Kajian Iklim Usaha LPEM FEB UI menyatakan akibat Piala Dunia U-20 (usia di bawah 20 tahun) batal digelar di Indonesia, potensi dampak ekonomi hilang sebesar Rp 6,08 triliun. Indonesia juga kehilangan potensi nilai tambah ekonomi/PDB mencapai Rp 3,18 triliun atau setara dengan 0,016% PDB Tahun 2022. Potensi ini dihitung dari perputaran uang yang seharusnya terjadi selama ajang itu berlangsung pada 20-11 Mei 2023.

Dari hasil simulasi Potensi Dampak Ekonomi Penyelenggaraan Piala Dunia U-20 di Indonesia, LPEM kembali memaparkan bagaimana efek pengganda perekonomian bekerja selama putaran final Piala Dunia U-20. Efek itu diukur dengan terlebih dahulu menguraikan tiga produk akhir dan selanjutnya dijabarkan perihal stimulus pengeluaran serta sektor terdampak. Tiga produk akhir Turnamen Putaran Final Piala Dunia U-20 Indonesia ialah produk hiburan venue, produk hiburan media, serta pariwisata dan gaya hidup. Baca lengkapnya di sini.

6. Pertamina Jabarkan Fakta Terbaru Pemicu Kebakaran Kilang Dumai

Dirut Pertamina Nicke Widyawati di Rapat Komisi VI DPR (YouTube TV Parlemen)

Direktur Utama PT Kilang Pertamina Internasional (KPI)  Taufik Aditiyawarman menjelaskan kronologi kebakaran kilang Dumai, Riau, yang juga merupakan kilang pengolahan minyak terbesar ketiga di Indonesia. Insiden yang juga diikuti oleh ledakan atau dentuman keras dan terasa hingga radius 1 km itu terjadi pada Sabtu (1/4/2023) malam.

Sumber permasalahan awal adalah ada kebocoran gas hidrogen pada pipa gas yang berukuran 6 inci di kompresor 212-C-2.  Ledakan terdampak di perumahan warga, termasuk rumah ibadah. Baca lengkapnya di sini.

7. Kadin: Amuk Harga Minyak Bisa Berujung ke Gelombang PHK

Ilustrasi minyak dunia (Sumber: Bloomberg)

Pelaku industri khawatir kenaikan harga minyak dunia yang terjadi belakangan ini akan terus berlanjut hingga akhirnya membawa dampak sistemik ke sektor riil di dalam negeri. Tidak terkecuali risiko pemutusan hubungan kerja (PHK) massal di subsektor manufaktur padat karya.

Seperti diketahui, Organization of the Petroleum Exporter Countries+ (OPEC+) memutuskan untuk memangkas produksi minyak sebanyak 1,16 juta barel minyak per hari mulai bulan depan hingga akhir tahun ini. Pengurangan produksi tersebut sontak membuat harga minyak dunia melambung.  Baca lengkapnya di sini.

(wep)

No more pages