Logo Bloomberg Technoz

Sederet PR Menpora Dito Ariotedjo: Prestasi dan Industri Olahraga

Sultan Ibnu Affan
04 April 2023 07:44

Dito Ariotedjo, politikus Partai Golkar akan menjadi Menteri Pemuda dan Olahraga. (Dok Bloomberg Technoz)
Dito Ariotedjo, politikus Partai Golkar akan menjadi Menteri Pemuda dan Olahraga. (Dok Bloomberg Technoz)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Bimo Nandito Ariotedjo atau Dito Ariotedjo sebagai menpora. Dito, dengan usia 32 tahun kini tercatat menjadi menteri termuda. Pria tersebut disodorkan Partai Golkar menjadi pengganti Zainudin Amali, elite Golkar yang mundur dari menpora setelah terpilih menjadi wakil ketua umum II Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) beberapa waktu lalu.

Dito memang bukan wajah baru di Golkar. Dia merupakan ketua umum salah satu sayap partai itu Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI) periode 2017-2022 dan terakhir statusnya juga sebagai tim ahli Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto.

Sementara dalam bidang olahraga, Dito menduduki jabatan chairman Rans Nusantara FC, salah satu klub sepak bola di Liga 1. Selain itu dia juga memegang klub Bola Basket Rans PIK Basketball yang berkiprah di Indonesia Basketball League (IBL). Namun demikian Dito sudah menyatakan mundur dari jabatan itu setelah dia terpilih menjadi anggota Kabinet Indonesia Maju 2019-2024.

Diketahui olahraga menjadi salah satu hal yang dibidik Presiden Jokowi untuk bertransformasi. Desain besar soal hal ini diterakan dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 86 Tahun 2021 tentang Desain Besar Olahraga Nasional (DBON). 

Namun belakangan olahraga Indonesia khususnya sepak bola menjadi sorotan. Tragedi Kanjuruhan terjadi, insiden yang menewaskan ratusan penonton laga Liga 1 antara tuan rumah Arema FC dan tim tandang Persebaya pada Oktober 2022 silam. Tak hanya itu, pembatalan Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 menyisakan kekecewaan pada publik dan suporter sepak bola. Usai isu penolakan Israel akan main menjadi salah satu tim, FIFA akhirnya membatalkan perhelatan yang hitungan bulan akan digelar itu. Padahal Ketua Umum PSSI Erick Thohir usai terpilih menyebutkan salah satu prioritasnya adalah menyukseskan Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia.