Logo Bloomberg Technoz

Fraud Kredit LPEI, Penyidik Periksa Lagi Petinggi Mentari Grup

Muhammad Fikri
11 June 2024 13:15

Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (Dok. indonesiaeximbank)
Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (Dok. indonesiaeximbank)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi kembali melakukan pemeriksaan terhadap petinggi Mentari Grup dalam kasus dugaan korupsi atau fraud pemberian fasilitas kredit oleh Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) atau Eximbank Indonesia.

Hari ini, penyidik KPK memanggil dan memeriksa dua nama dari jajaran Mentari Grup, terutama PT Sakti Mait Jaya Langit (SMJL) sebagai saksi. Mereka adalah Komisaris Utama SMJL, Hendarto dan Komisaris SMJL, Hariyanto.

"Terkait dugaan pemberian fasilitas kredit oleh LPEI," kata tim juru bicara KPK Budi Prasetyo melalui pesan singkat, Selasa (11/6/2024).

Kemarin, KPK juga baru menyelesaikan pemeriksaan terhadap Direktur Utama SMJL, Ik Sen; dan seorang penilai properti pada Kantor Jasa Penilai Publik Chalimatus & Rekan, Satria Wicaksono.

Dalam kasus ini, KPK sebenarnya telah menetapkan sejumlah orang sebagai tersangka yang dituduh menyebabkan kerugian negara setidaknya mencapai Rp3,4 triliun. Meski demikian, lembaga antirasuah ini masih menutup identitas para tersangka hingga nanti dipanggil untuk menjalani pemeriksaan.